Bakso Swedia – Rasanya Lebih Baik Dari Awal

Hawaiian haystacks served over white rice, in a bowl with a spoon.

Resep Bakso Swedia yang mudah ini termasuk bakso buatan sendiri yang disiram saus krim dan disajikan di atas mie telur atau nasi. Ini adalah makanan yang akan disukai seluruh keluarga!

Ingin lebih banyak Resep Ramah Anak? Anak-anak saya suka American Goulash, Hawaiian Haystacks, dan Breakfast Taquitos!

Bakso Swedia disajikan di atas mie telur, dalam mangkuk.

Mengapa saya menyukai makanan ini:

Bahan Pantry – Makanan hemat sempurna yang membutuhkan bahan-bahan dasar yang mungkin sudah Anda miliki. Dari Awal – Bakso dan saus buatan sendiri adalah yang membedakan resep ini, dan keduanya sangat mudah dibuat. Cukup mudah sehingga anak-anak bahkan bisa membuat yang satu ini.

Apa itu Bakso Swedia?

Dari apa yang saya baca, Bakso Swedia dibawa ke Swedia oleh Raja Charles XII, yang mendapat resep dari Turki. Mereka berasal dari Persia kuno (Iran) dan disebut “koofteh” atau “koofteh ghelgheli” yang berarti daging bundar dalam bahasa Persia. Resep Bakso Swedia buatan sendiri ini disajikan dengan saus krim, mirip dengan resep yang ditemukan di Ikea.

Bakso Italia vs Bakso Swedia: Bakso Swedia biasanya berukuran lebih kecil dari bakso Italia dan biasanya dibuat dengan rasio 50-50 daging babi giling dan daging giling. Bakso Swedia juga cenderung menggunakan bumbu seperti allspice dan pala untuk penyedap di mana bakso Italia lebih mengandalkan bumbu parmesan dan bawang putih.

Cara membuat Bakso Swedia:

Membuat Bakso: campur daging giling, daging babi giling, remah roti, kuning telur, allspice, pala, dan tumis bawang bombay. Bumbui dengan garam dan merica. Gulung campuran menjadi bakso dengan ukuran sekitar 1 inci.

Dua gambar menunjukkan bahan bakso dalam mangkuk kaca, kemudian dibentuk menjadi bakso di atas kertas perkamen cokelat.

Masak Bakso: Tempatkan bakso dalam wajan panas dengan minyak, putar dengan garpu sampai semua sisi kecoklatan.

Bakso buatan sendiri yang dicokelatkan dalam wajan untuk Bakso Swedia.

Membuat Saus Bakso Swedia: Lelehkan mentega dalam wajan dan masukkan tepung sampai sedikit kecokelatan. Tuang kaldu sapi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga mengental.

Dua gambar menunjukkan proses pembuatan saus untuk Bakso Swedia.

Penyajian: Aduk krim asam dan bumbui dengan garam dan merica. Tambahkan bakso ke saus dan sajikan di atas mie telur yang dimasak, atau nasi. Saya suka menyajikan dengan Sayuran Panggang, Kacang Hijau Prancis, atau Salad Pecan Apel.

Bakso Swedia dimasak dalam wajan dengan saus.

Buat Instruksi Maju dan Pembekuan:

To Make Ahead: Bakso bisa dibuat terlebih dahulu (masak sampai habis) dan disimpan di lemari es atau freezer sampai siap digunakan.

Untuk Membekukan: Siapkan dan masak bakso. Biarkan dingin sebelum dibekukan dalam wadah yang aman untuk freezer. Bakso mentah juga bisa dibekukan. Biarkan mereka mencair di lemari es sebelum dimasak sesuai dengan instruksi resep.

Variasi Resep:

Bakso: Saya juga membuat bakso ini dengan semua daging sapi, atau setengah daging sapi dan setengah kalkun, dengan hasil yang luar biasa! Bakso Swedia Crock Pot: Bentuk bakso dan goreng dalam wajan. Buat sausnya, tapi tinggalkan krim asamnya. Campurkan bakso dan saus dalam crockpot dan masak dengan api kecil selama 2-3 jam, atau sampai bakso matang. Tambahkan krim asam dan masak mie telur sebelum disajikan. Bakso Beku: Bakso beku berwarna cokelat, jika diinginkan, masukkan ke dalam saus dan didihkan sampai bakso matang.

Ikuti saya untuk lebih banyak resep hebat

resep

Untuk Bakso Swedia:

Panaskan 1 sendok makan minyak zaitun dalam wajan besar di atas api sedang. Tambahkan bawang bombay, dan masak, aduk terus, sampai bawang bombay transparan, sekitar 2-3 menit; menyisihkan.

Dalam mangkuk besar, gabungkan daging giling, babi giling, remah roti, kuning telur, allspice, pala, dan bawang bombay. Bumbui dengan garam dan merica, sesuai selera.

Aduk campuran dengan sendok kayu sampai tercampur rata. Gunakan tangan yang bersih untuk menggulung adonan menjadi bakso dengan ukuran sekitar 1 1/2-in (seharusnya menghasilkan sekitar 20-24 bakso).

Tambahkan sisa 1 sendok makan minyak zaitun ke dalam wajan. Tambahkan bakso, dalam batch, dan masak sampai semua sisi kecoklatan, sekitar 4-5 menit. Pindahkan ke piring berlapis handuk kertas.

Untuk Saus Bakso Swedia:

Lelehkan mentega dalam wajan. Kocok tepung sampai agak kecoklatan, sekitar 1 menit. Kocok kaldu sapi secara bertahap dan masak, aduk terus, sampai sedikit mengental, sekitar 1-2 menit.

Aduk krim asam; bumbui dengan garam dan merica, sesuai selera. Aduk bakso dan masak, aduk sesekali, sampai panas dan mengental, sekitar 8-10 menit.

Sajikan segera, hiasi dengan peterseli, jika diinginkan.

Ukuran Porsi: 3 bakso To Make Ahead: Bakso bisa dibuat terlebih dahulu (masak sampai habis) dan disimpan di lemari es atau freezer sampai siap digunakan. Untuk Membekukan: Siapkan dan masak bakso. Biarkan dingin sebelum dibekukan dalam wadah yang aman untuk freezer. Bakso mentah juga bisa dibekukan. Biarkan mereka mencair di lemari es sebelum dimasak sesuai dengan instruksi resep. Bakso: Saya juga membuat bakso ini dengan semua daging sapi, atau setengah daging sapi dan setengah kalkun, dengan hasil yang luar biasa! Crock Pot Swedish Meatballs: Bentuk bakso dan goreng dalam wajan. Buat sausnya, tapi tinggalkan krim asamnya. Campurkan bakso dan saus dalam crockpot dan masak dengan api kecil selama 2-3 jam, atau sampai bakso matang. Tambahkan krim asam dan masak mie telur sebelum disajikan. Bakso Beku: Bakso beku berwarna coklat, jika diinginkan, kemudian masukkan ke dalam saus dan didihkan sampai bakso dipanaskan. Diadaptasi dari Damn Delicious

Kalori: 370kkalKarbohidrat: 10gProtein: 24gLemak: 26gLemak Jenuh: 10gLemak Tak Jenuh Ganda: 3gLemak Tak Jenuh Tunggal: 11gLemak Trans: 0,5gKolesterol: 123mgNatrium: 591mgPotassium: 569mgSerat: 1gGula: 1gVitamin A: 2mgIUVi

Apakah Anda Membuat Resep Ini?

Tandai @TastesBetterFromScratch di Instagram dengan #TastesBetterFromScratch!

*Resep ini awalnya saya share Agustus 2014. Update Maret 2019 dan Agustus 2022.

Author: Wayne Stewart