Peach Chutney – Rasanya Lebih Baik Dari Awal

A bowl of homemade Thousand Island Dressing with a spoon next to it.

Resep Peach Chutney ini dibuat dengan buah persik segar, craisin, kismis, dan rempah-rempah. Ini bersemangat, segar, dan lezat! Nikmati disajikan di atas daging babi, ayam, atau nila!

Ingin melihat resep buah persik lainnya? Saya suka Peach Cobbler, Peach Jam, Peach Pie, atau Peach Scone ini!

Peach chutney disajikan dalam mangkuk dengan sendok.

Apa itu chutney?

Chutney adalah bumbu, hidangan, atau saus yang terinspirasi dari India yang diawetkan dalam gula dan cuka. Biasanya dibuat dari buah-buahan atau sayuran potong dadu yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah dan dimaksudkan untuk menyempurnakan berbagai hidangan.

Saya harus berterima kasih kepada teman baik keluarga saya, Kathy Atkinson, untuk resep Peach Chutney yang luar biasa ini. Sudah menjadi favorit di keluarga saya selama bertahun-tahun!

Cara favorit saya untuk menikmati chutney disiram dengan tenderloin babi yang sempurna. Ini benar-benar untuk mati untuk. Ini juga merupakan bumbu yang lezat untuk menemani ayam atau ikan putih (seperti halibut atau nila).

Mengapa saya MENCINTAI chutney:

Nikmati sepanjang tahun. Meskipun terkadang saya berpikir rasanya seperti “jatuh” dalam toples, karena dibuat dengan bumbu musim gugur termasuk kayu manis, cengkeh, dan jahe, saya suka makan chutney sepanjang tahun! Saya sering menyajikannya di atas daging panggang di musim panas. Simpan hingga 4 bulan. Anda dapat menyimpan chutney persik di lemari es selama 2 minggu atau menyimpannya di dalam freezer selama beberapa bulan. Sajikan dengan apa saja. Ini adalah resep serbaguna. Celupkan, sebarkan, dan tutupi dan pada berbagai macam makanan termasuk daging babi, ayam, kalkun, sandwich, dll. Lihat ide penyajian lainnya di bawah ini.

Bahan Peach Chutney:

Persik: Meskipun buah persik adalah makanan utama, Anda bisa menggantinya dengan mangga, aprikot, plum, atau plucot. Cuka sari apel & jus lemon: keasaman dalam bahan-bahan ini membantu melestarikan chutney dan menambah rasa. Kismis & cranberry kering: memberikan tekstur dan rasa yang luar biasa. Bawang manis. Jahe mengkristal. Rempah-rempah: garam, allspice, kayu manis, cengkeh, jahe. Gula dan pektin buah cair: gula dan pektin bekerja sama untuk membuat chutney mengental hingga konsistensi seperti selai. Anda bisa mengurangi gula jika suka, tetapi chutney tidak akan terlalu kental.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk chutney persik, berlabel, di atas nampan.

Cara Membuat Chutney:

Siapkan Buah: Persik paling mudah dikupas saat tersiram air panas terlebih dahulu. (Inilah foto langkah demi langkah tentang cara mengupas buah persik.) Isi panci besar dengan air, didihkan. Tambahkan buah persik ke dalam air panas selama beberapa menit; ini akan membantu mengendurkan kulit, membuatnya sangat mudah dikupas. Buang buah persik, bilas dengan air dingin, kupas, dan potong dadu kecil-kecil.

Campurkan Bahan: Tambahkan buah persik dan semua bahan yang tersisa, kecuali pektin, ke dalam panci besar. Rebus dengan api sedang, aduk terus selama satu menit.

Tambahkan Pektin: Angkat dari api dan segera masukkan pektin. Lanjutkan mengaduk selama 5 menit, biarkan agak dingin.

Bahan untuk chutney persik ditambahkan ke dalam panci, kemudian ditambahkan pektin untuk mengentalkan konsistensi selai.

Penyajian: Nikmati chutney buatan sendiri pada suhu kamar di atas daging babi (saya suka tenderloin babi ini atau babi yang ditarik), ham, ayam panggang, ayam panggang, kalkun, ikan putih, atau daging cincang. Saya juga suka menyajikannya di papan charcuterie atau di sandwich atau bungkus! Peach Chutney yang mudah ini sangat bagus dalam segala hal!

Peach chutney disendok di atas dada ayam panggang, di atas piring.

Petunjuk Penyimpanan dan Pengalengan:

Untuk Menyimpan: Simpan chutney dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 2 minggu, atau bekukan hingga 4 bulan dalam wadah yang aman untuk freezer. Lelehkan semalaman di lemari es. Keluarkan dari kulkas 30 menit sebelum disajikan. Karena resep ini menghasilkan selusin toples, saya suka memasukkan beberapa ke dalam freezer dan memberikan sisanya sebagai hadiah!

To Can: Saya belum menguji resep ini di water bath canner (walaupun menurut saya ini akan berhasil). Silakan berkonsultasi dengan pedoman pengalengan yang aman di daerah Anda untuk tingkat asam dan waktu memasak yang diperlukan untuk membuatnya aman untuk penyimpanan yang stabil di rak.

Variasi Resep:

Pengganti buah segar: Cobalah mangga, aprikot, plumcot, atau pir sebagai pengganti buah persik. Anda mungkin ingin menyesuaikan gula berdasarkan manis atau kegetiran buah yang Anda pilih. Pengganti buah kering: Gunakan buah kering favorit Anda sebagai pengganti kismis dan kraisin. Buat Saus: Saya suka menambahkan beberapa krim keju lunak untuk membuatnya konsistensi sempurna untuk saus buah atau kerupuk. Tambahkan keju krim dengan perbandingan 1:1 dengan chutney atau tuangkan chutney di atas blok keju krim dan sajikan. Buatlah Glaze: Tambahkan sesendok chutney ke Baked Ham Glaze ini atau gunakan sebagai pengganti glasir dalam resep ini.Gunakan sebagai Bumbu untuk daging.Gula: gula dan pektin bekerja sama untuk membuat chutney mengental menjadi konsistensi seperti selai. Anda bisa mengurangi gula jika suka, tetapi chutney tidak akan terlalu kental.

Ikuti saya untuk lebih banyak resep hebat

resep

Kupas dan iris buah persik dan tambahkan ke panci besar dengan semua bahan lain kecuali pektin.

Masak hingga mendidih dengan api sedang. Setelah mendidih, aduk terus selama satu menit.

Angkat dari api dan segera masukkan pektin. Lanjutkan mengaduk selama 5 menit, biarkan agak dingin.

Sajikan chutney pada suhu kamar di atas daging babi, ham, ayam, atau kalkun.

Simpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 2 minggu, atau bekukan hingga 4 bulan dalam wadah yang aman untuk freezer. Lelehkan semalaman di lemari es. Keluarkan dari kulkas 30 menit sebelum disajikan.

Menghasilkan sekitar 10 cangkir. Ukuran porsi adalah cangkir. Petunjuk Penyimpanan: Simpan chutney dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 2 minggu, atau bekukan hingga 4 bulan dalam wadah yang aman untuk freezer. Lelehkan semalaman di lemari es. Keluarkan dari kulkas 30 menit sebelum disajikan. Karena resep ini menghasilkan selusin toples, saya suka memasukkan beberapa ke dalam freezer dan memberikan sisanya sebagai hadiah! Petunjuk Pengalengan: Saya belum menguji resep ini dalam penangas air (walaupun saya pikir itu akan berhasil). Silakan berkonsultasi dengan pedoman pengalengan yang aman di daerah Anda untuk tingkat asam dan waktu memasak yang diperlukan untuk membuatnya aman untuk penyimpanan yang stabil di rak. Variasi: Pengganti buah segar: Cobalah aprikot, plumcot, pir, atau mangga sebagai pengganti buah persik. Anda mungkin ingin menyesuaikan gula berdasarkan manis atau kegetiran buah yang Anda pilih. Pengganti buah kering: Gunakan buah kering favorit Anda sebagai pengganti kismis dan craisin. Make it a Dip: Saya suka menambahkan keju krim yang dilunakkan untuk menjadikannya konsistensi yang sempurna untuk saus buah atau kerupuk. Tambahkan keju krim dengan perbandingan 1:1 dengan chutney atau tuangkan chutney di atas blok keju krim dan sajikan. Jadikan Glaze: Tambahkan sesendok chutney ke Baked Ham Glaze ini atau gunakan sebagai pengganti glasir dalam resep ini. Gunakan sebagai Bumbu untuk daging. Gula: gula dan pektin bekerja sama untuk membuat chutney mengental menjadi konsistensi seperti selai. Anda bisa mengurangi gula jika suka, tetapi chutney tidak akan terlalu kental.

Kalori: 168kkalKarbohidrat: 43gProtein: 0,3gLemak: 0,2gLemak Jenuh: 0,01gLemak Tak Jenuh Ganda: 0,03gLemak Tak Jenuh Tunggal: 0,02gNatrium: 178mgKalium: 58mgSerat: 1gGula: 40gVitamin A: 51IUVVitamin C: 2mgIm

Apakah Anda Membuat Resep Ini?

Tandai @TastesBetterFromScratch di Instagram dengan #TastesBetterFromScratch!

Resep ini awalnya saya bagikan Agustus 2015 . Diperbarui Juli 2020 dan Juli 2022.

Postingan ini berisi link afiliasi. Saya suka berbagi produk favorit saya dengan Anda!

Author: Wayne Stewart